Agam Kembali Gelar Agam Education and Culture EXPO 2017

0
44

Agam, Info Parlemen – Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menggelar Education and Culture Expo atau Pameran Pendidikan dan Budaya di GOR Padang Baru Lubuk Basung. Kegiatan yang berjulukan pendidikan itu bekerjasama dengan Padang TV, yang dilaksanakan empat hari, mulai pada Senin (27/11) hingga Kamis (30/11) 2017.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Drs. Isra, Dt. Bandaro, melalui ponselnya, Minggu (26/11) mengatakan, kegiatan Education and Culture Expo 2017 jauh berbeda dibandingkan pada 2016, yang hanya ada tiga materi lomba.

“Materi lomba dimaksud yaitu, lomba bintang sains, lomba nyanyi solo, dan pameran pendidikan. Sedangkan pada 2017 kita menggelar kegiatan yang sama dengan tujuh materi lomba,” ujarnya.

Tujuh materi lomba seperti, pameran pendidikan sebanyak 41 stand, diikuti 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran pendidikan, dan Dekranasda, yang dilaksanakan Senin (27/11) hingga Kamis (30/11). Lomba bintang sains bidang matematika dan IPA tingkat SD, SMP, SMK dan SMK se Agam, pesertanya ditargetkan minimal 1.800 orang, namun sampai saat ini yang mendaftar baru 1.454 orang, terdiri dari SD 1.200 orang, SMP 254 orang.

“Sedangkan, tingkat SMA dan SMK, menurut rencana bakal mendaftar pada, Senin (27/11) atau Selasa (28/11). Karena, pelaksanaan lomba bintang sains SMA dan SMK dilaksanakan pada Rabu (29/11), mudah-mudahan menjelang pelaksanaan jumlah melebihi target,” harapnya.

Selain itu, lomba Hafizh tingkat SD dalam rangka menunjang visi Kabupaten Agam yaitu, Agam Mandiri berprestasi yang madani. Lomba silek galombang tingkat SMP, sebagai penggiring bagaimana melalui pendidikan budaya tradisi Minangkabau bisa dikembangkan. Lomba Tambua Tansa tingkat SMP, Lomba Lagu Religi Bernuansa Islami, dan Lomba Fokal Group Antar OPD dan Cabang PGRI se-Kabupaten Agam.

Isra menyebutkan, kegiatan yang sudah masuk agenda tahunan tersebut seiring dengan memperingati empat hari besar di Kabupaten Agam yaitu, Hari Guru Nasional, HUT PGRI ke-72, HKN ke-53, dan HUT KORPRI ke-46 tahun 2017. Di mana, puncak acara tersebut dilakukan upacara bendera di lapangan GOR Padang Baru Lubuk Basung, Rabu (28/11).

“Sedangkan untuk pembukaan acara dilakukan, Senin (27/11), yang menurut rencana dilakukan Wakil bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri,” ujarnya menjelaskan..

Sampai saat ini, panitia masih melakukan persiapan pemasangan tenda untuk stand pameran di lapangan Basket GOR Padang Baru Lubuk Basung. Namun, beberapa OPD dan jajaran pendidikan sudah mulai mendekor, dan mengisi stand yang bakal mereka tempati nantinya.

“Kita menghimbau kepada peserta yang terlibat dalam pameran, agar secepatnya mendekor dan mengisi stand yang sudah ditentukan, supaya persiapan pembukaan acara yang dilakukan Wakil Bupati dan Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya berharap. (Tam/AMC)