Palito Art Komit Lestarikan Permainan Anak Nagari di Kota Padang

0
14

Padang, Info Parlemen – Permainan anak nagari merupakan kearifan lokal masyaraakt suku bangsa minangkabau. Berbagai bentuk permainan hidup dan berkembang di setiap daerah di minangkabau. Salah satunya di kota padang. Permainan tersebut tumbuh dan berkembang di berbagai kelompok seni tradisi. Adapun bentuknya beragam, seperti silat pauh, randai, saluang, gandang, talempong dan permainan tradisional lainya.

Namun menyikapi perkembangan zaman saat ini, permainan tersebut mulai surut digerus perkembangan zaman. Untuk itu perlu dilakukan upaya nyata dalam rangka terus eksis memeprtahankan kekayaan lokal masyarakat di kota padang tersebut. Sebagai salah satu kelompok generasi muda dibidang kreatif, kelompok palito art berkomimten dalam melestarikan permainan anak nagari tersebut. Untuk itu pada akhir tahun 2017 yang yang lalu, kelompok yang di ketaui oleh doni ardiansyah mengelar even permainan anak nagari yang di gelar di kawasan kampung wisata budaya pauh jalan koto panjang kelurahan limau manih.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 kelompok seni tradisi dan permainan anak nagari di kota padang. Kegiatan in imenampilkan atraksi permainan anak nagari seperti silat, randai, saluang, musik talempong, permainan engong, elo upih, dan seni tari tradisional.

“kegiatan ini sengaja kami gelar mengingat tidak adanya media pertunjukan khusus dalam rngka melesrtarikan permainan ini, dan kami berharp dengan adanya kegiatan ini dapat melestarikan seni tradisi dan permainan kearifan lokal warisan leluhur untuk terus eksis di zaman sekarang.” terang doni ardiasnyah yang juga ketua knpi kecamatan pauh ini.

Hal senda juga diungkapkan oleh saparman, sesepuh kelompok palito art, kegiatan ini akan terus dipertahankan karena merupakan satu satunya kegiatan yang fokus ke dalam kegiatan budaya melestarikan permainan anak nagari. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan di kawasan perkampungan warga yang merupakan tempat tumbuh dan berkembang permainan tersebut. Sehingga daapt merangsang dan menarik keinginan generasi muda saat sekarang.

Palito nyalo gelar pelatihan managemen kelompok seni. [*]