Galakkan Semangat Kompetisi SMA 1 Pariaman, SMP 1 Padangpanjang, SDN 12 Banuhampu Raih Trofi Gubernur

0
150
Bintang Sains Padang TV

Padang, Info Parlemen – Perhelatan Bintang Sains tingkat Sumbar yang digelar Padang TV bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), disambut antusias para juara daerah. Setiap daerah mengutus sepuluh siswa terbaik tingkat SD, SLTP dan SLTA berlaga di tingkat provinsi di Gubernuran kemarin.

Bintang Sains Sumbar kedua yang digelar dalam rangkaian 11 Tahun Padang TV ini, diikuti 500 pelajar terbaik di masing-masing daerah. Bukan hanya itu, sejumlah daerah turut berpartisipasi menampilkan atraksi seni tradisi siswa-siswinya di hadapan Gubernur Irwan Prayitno, para undangan dan peserta lomba.

Aksi teatrikal dari SMAN 1 Kota Pariaman tampil memukau di hadapan ratusan penonton. Dengan berkostum hitam-hitam, siswa siswi menyuguhkan musikalisasi puisi dengan tema Save Palestina. Gubernur tampak terenyuh menyaksikan penampilan teatrikal yang penuh penjiwaan.

Gubernur Irwan Prayitno di hadapan para guru, orangtua siswa dan pejabat Dinas Pendidikan dari 16 daerah yang mendampingi siswa siswinya berlaga, mendorong setiap daerah aktif menggelar berbagai iven dan kompetisi di kalangan pelajar. Karena itu, Gubernur yg profesor ini mengapresiasi penyelenggaraan Bintang Sains kerja sama Padang TV dan UNP.

Dia menilai lomba sains tingkat provinsi ini penting digelar sebagai tolok ukur prestasi bagi daerah. “Bintang Sains tingkat provinsi ini bisa memacu semangat anak-anak terus berprestasi. Setelah juara di tingkat daerah, tentu perlu diadu dengan juara daerah lain. Saya mendukung kompetisi pelajar semacam ini,” katanya.

Gubernur menilai iven semacam ini tidak hanya mengasah kemampuan akademik peserta didik, tapi juga melatih performa. “Bagaimana tidak, dengan tampil di hadapan publik, mau tak mau anak-anak belajar mengekspresikan diri. Ajang-ajang kompetisi ini menanamkan rasa percaya diri siswa,” jelasnya.

Adapun pemenang lomba Bintang Sains Sumbat tingkat SMA adalah Rifky Armando Putra dari SMAN 1 Kota Pariaman. Tingkat SMP diraih Yudistio Arnoza dari SMP 1 Padangpanjang. Sedangkan untuk tingkat SD direbut Farissa Azahra dari SD Teladan Nomor 12 Padangluar, Kecamatan Banuhampu, Agam.

Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya Reno Lazuardi merasa puas dengan penampilan siswa siswinya yang masuk 5 besar final tingkat SD, SMP dan SMA.

Dia optimistis siswa-siswinya makin terpacu meningkatkan kualitas dengan mengikuti berbagai iven. “Saya mendorong setiap sekolah agar membuat kompetisi kompetisi semacam bintang sains di tingkat sekolah,” ucap Reno.

Setelah Bintang Sains tingkat provinsi periode 2017-2018, akan digelar Bintang Sains tingkat kabupaten/kota untuk menuju tingkat provinsi 2018-2019. “yang pertama sejak iven ini digelar pada 2013 lalu. “Hanya tiga daerah yang belum menggelar Bintang Sains. Yaitu Sijunjung, dan Mentawai. Insya Allah dalam waktu dekat kita gelar di Sijunjung,” kata General Manager Padang TV Rita Gusveniza. (*)